Rumah Sakit Persahabatan-Jakarta

Pembangunan RS Persahabatan
------
Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, (seringkali disingkat sebagai RSP atau RS Persahabatan saja); adalah sebuah Rumah Sakit Umum Pemerintah Tipe A yang terletak di wilayah Jakarta Timur, Indonesia. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang dibangun atas kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Rusia dan diresmikan pada tanggal 7 November 1963.
Didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 134.521 m2, saat ini RS Persahabatan merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit respirasi (pernapasan).


Sejarah
Pembangunan RS Persahabatan
Pada periode sekitar 1960-1965, Indonesia memiliki hubungan bilateral yang ekstensif dengan beberapa negara Blok Timur, salah satunya dengan yang terbesar yaitu Negara Rusia. Sebagai bagian dari hubungan kedua negara saat itu yang erat; Pemerintah Rusia memberikan bantuan dan kerjasama dalam banyak bidang, yang salah satunya adalah mendirikan rumah sakit di kawasan Jakarta Timur yang dikenal sebagai Rumah Sakit (RS) Persahabatan. Nama “persahabatan” pun dipilih secara simbolik untuk menggambarkan adanya hubungan yang mesra antara kedua negara pada zaman itu.

Penyerahan RS Persahabatan
Pembangunan RSUP Persahabatan di Rawamangun Jakarta Timur, dimulai pada tahun 1961, berjalan selama 3 tahun, dan dipimpin langsung oleh para insinyur Rusia. Penyerahan bantuan rumah sakit secara resmi oleh Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia dilakukan pada tanggal 7 November 1963. Tanggal tersebut kemudian dikenal sebagai hari jadi RS Persahabatan, yang setiap tahun dirayakan secara resmi dengan kehadiran wakil pemerintahan Indonesia (biasanya Menteri Kesehatan RI), perwakilan beberapa negara sahabat Indonesia, dan tentu saja kehadiran pemerintah Rusia (perwakilan dari Kedutaan Besar Rusia) sebagai tamu tetap.
Setelah penyerahan resmi pada tahun 1963 hingga saat ini RSUP Persahabatan mengalami berbagai perkembangan dalam hal perbaikan fasilitas yang semakin modern dan peningkatan fungsinya sebagai pusat pelayanan kesehatan, sehingga sekarang menjadi rumah sakit rujukan nasional di bidang pelayanan kesehatan respirasi (pernapasan) di Indonesia.
sumber, id.wikipedia.org